Home » » Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan


Manfaat untuk kesehatan

Manfaat mentimun. Mentimun memiliki sifat diuretic, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi, Vitamin A,B,C, serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silica, membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah. Yang mengandung sari mentimun di gunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askrobanat dan asam caffeic yang hadir dalam mentmun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembekakan di sekitar mata.
Berikut manfaat nya bagi kesehatan :

1.  Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram. Tidak mengandung lemak atau kolestrol jenuh. Mengkonsumsi mentimun bias sebagai obat untuk mengatasi semelit kronis

2. Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.

3. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.

4.  Masalah pencernaan, seperti mulas, asam lambung, dan bahkan tukak lambung dapat di sembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. Enzim yang di sebut Erepsin yang terkandung di dalam mentimun juga membantu dalam pencernaan protein.

5. Bji mentimun di anggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji mentmun juga memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.

6. Mentimun adalah salah satu sumber kalium terbaik, yaitu mengandung 147 miligram kalium per 100 gram. Senyawa elektrolit yang ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium.

7.  Mentimun mengandung anti oksidan seperti B Karoten, Karoten, Zea-Xanthin dan lutein. Senyawa ini bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umum menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.
8. Ekstrak mentimun juga di kenal untuk mengurangi peradangan, karena aktifitas enzim inflamasi pro seperti Cylo-Oxyenase yang bekerja mencegah produksi oksida nitrat yang menyebabkan peradangan berlebihan.

9.  Mentimun memiliki sifat diuretic ringan karena kandungan kalium dan kadar air yang tinggi, juga mengandung mangan dan serat yang bermanfaat mengatur tekanan darah, baik darah tinggi dan tekanan darah rendah. Uap yang di hasilkan saat mendidihkan mentimun bias di hirup untuk pereda stress, menenangkan dan melemaskan otot-otot.

10. Mentimun memiliki kandungan 95% air yang bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dn menghilangkan racun. Kadar air yang tinggi dalam mntimun bekerja sebagai pembersih system dan mengeluarkan produk limbah segera keluar.


Semoga Bermanfaat.....

0 komentar:

Post a Comment